Serangan begal bisa datang tanpa bisa diprediksi. Ketika ada peluang, begal bisa datang kapan saja dan mengundang banyak kerugian. Dalam hal ini, para driver ojek obline (ojol) harus ekstra hati-hati. Sebab kamu merupakan salah satu target dan sasaran empuk dari para begal. Selalulah berupaya untuk melindungi diri dengan melakukan sejumlah cara cerdas agar kamu tidak menjadi salah satu korban begal.

Sekilas informasi, begal merupakan para penyamun yang pekerjaannya merampas barang apa saja yang ada di hadapannya. Begal biasanya bekerja berkelompok, serta melakukan perampasan dibarengi dengan kekerasan. Mereka bisa saja bertingkah nekat hingga mengancam jiwa. Maka dari itulah, keberadaan begal harus selalu diwaspadai, bukan hanya oleh driver ojol, tapi juga oleh pengemudi lainnya.

Berikut ini sejumllah cara yang bisa dilakukan para driver ojol agar terhindar dari serangan begal:

1. Menghindari Area Rawan Begal

Area gelap dan sepi merupakan kawasan paling favorit bagi bara begal untuk beroperasi. Jadi, sebisa mungkin hindarilah area tersebut, dan memilih jalan lain meski mungkin rutenya lebih jauh. Anda bisa meminta pengertian pelanggan, bahkan bekerja sama untuk selalu menjaga rute agar tidak melewati area-area rawan begall.

2. Melengkapi Diri dengan Sejumlah Proteksi

Jika kamu driver ojol tipe kendaraan roda empat, buatlah pembatas yang kuat antara area pengemudi dan tempat penumpang. Dengan begitu, ketika kamu mendapatkan komplotan begal yang menyamar menjadi penumpang, ia tidak akan mudah melakukan penyerangan. Lengkapi pula sistem keamanan dengan membawa penyemprot serangga. Jadi ketika terjadi penyerangan, kamu bisa segera menyerang area mata begal sehingga ia menjadi lumpuh.

3. Meminta Pengawasan Teman

Para driver ojol terkenal solid dan saling menjaga satu sama lain. Jika kamu merasa curiga dengan penumpang yang terindikasi begal, kamu bisa minta bantuan kepada teman driver ojol lain untuk mengawasi, serta sigap membantu ketika sewaktu-waktu terjadi penyerangan. Kamu harus meng-update lokasi, mengumpulkan barang bukti dengan melakukan screenshoot atau foto bersama pelanggan. 

Demikianlah tiga cara yang bisa kamu lakukan agar terhindar, bahkan selamat dari serangan begal. Ingatlah bahwa kewaspadaan harus selalu ditingkatkan kapan saja dan di mana saja, demi keselamatan dan kelancaran selama bekerja.