Jangan pandang sebelah mata pekerjaan driver ojek online (ojol). Jangan juga dianggap mustahil pekerjaan sebagai driver ojol bisa beli mobil Ferrari F12 Berlinetta. Sudah banyak cerita ojol yang bikin kita iri sekaligus termotivasi. Seperti kisah driver bernama Wandy menyisihkan penghasilan sejak tahun 2016, dan akhirnya bisa umroh ke tanah suci Mekkah. Ada juga driver Roy Sunandar, berhasil menyisihkan pendapatannya untuk menonton piala dunia secara langsung di Rusia.

KIsah inspiratif lainnya juga datang dari Makassar. Akun Twitter @tampanselaluu membagikan cerita sukses seorang driver ojol yang berhasil membangun rumah mewah dan kos-kosan 2 lantai dari hasil menabung selama 4 tahun.

Setiap hari si driver meladeni pesanan pelanggan mulai dari selepas Subuh hingga sekitar jam 11 malam. 18 jam bekerja di jalan, ia berhasil mengumpulkan lebih dari 40 poin setiap hari. Ketekunan itulah yang membuatnya bisa menabung hingga sukses membangun rumah.

Kisah nyata di atas seharusnya cukup meyakinkan anda, bahwa segala sesuatunya bisa di raih. Apalagi hanya sekedar membeli mobil mewah seperti Ferrari. Kuncinya adalah kerja keras, dan yang tidak kalah penting ialah MENABUNG. Bagaimana caranya?

Penghasilan driver ojol itu bukan bulanan melainkan harian. Kalo tidak pandai mengelolanya, tentu akan habis di hari itu juga. Simak tips berikut ini lalu aplikasikan. Agar memudahkan anda meraih impian.

PERTAMA, tetapkan tujuan keuangan anda. Setiap orang pasti memiliki tujuan keuangan. Tulis tujuan itu secara rinci dengan periode waktu untuk mewujudkannya. Misal, membayar DP rumah type 36 di Depok di tahun 2021, beli helm fullface merk KYT bulan depan, menunaikan ibadah haji bersama istri dan kedua orang tua tahun 2020.

Semakin detail kalian menulis tujuan keuangan, semakin mudah untuk mewujudkannya. Dari tujuan tersebut, kemudian hitung berapa uang yang harus ditabung setiap tahun, bulan atau hari. Contoh, harga rumah type 36 di Depok kisaran 400 juta. DP
yang diperlukan 20% atau sekitar 80 juta. Artinya anda hanya cukup menyisihkan uang 11 ribu tiap hari untuk membayar DP rumah di tahun 2021.

KEDUA, hentikan mindset (cara pandang) uang harian. Sebagai driver ojol anda memiliki peluang penghasilan setiap hari. Bukan berarti uang tersebut harus dihabiskan juga pada hari itu. Secara psikologis uang yang didapatkan tiap hari seperti uang panas, maksudnya uang yang susah didiamkan atau ditabung.

Hilangkan mindset itu. Atau uang anda akan habis tak tersisa.

KETIGA, buat anggaran mingguan. Hitung seluruh kebutuhan selama satu minggu, kemudan tetapkan berapa besar uang harus harus dialokasikan untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Agar mudah mengingat tulis di smartphone anda.

Ada beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk merancang keuangan seperti AndroMoney, Sepran, Money Lover, Cash Droid, dan banyak lagi. Tinggal download!

KEEMPAT, pastikan memiliki asuransi atau jaminan kesehatan. Banyak yang mengabaikan hal ini, bahkan menganggap membayar asuransi atau iuran kajaminan kesehatan sia-sia. Ada juga yang baru mengurus jaminan kesehatan seperti BPJS setelah musibah terjadi.

Yang perlu anda pahami, rutinitas pekerjaan sebagai driver ojek online itu memiliki resiko kecelakaan sangat tinggi. Agar tidak menyesal kemudian hari dan harus membayar lebih mahal, sebabaiknya anda membeli asuransi/ jaminan kesehatan sekarang juga.

KELIMA, hindari berhutang untuk hal yang tidak produktif, serta beli sesuatu untuk diri sendiri. Untuk sebagian orang mungkin sulit karena kondisi tertentu, namun hal ini harus dilakukan agar menjaga keuangan anda. Mungkin seperti sepele hutang 100 ribu atau 20 ribu kepada teman sesama driver. Anda merasa memiliki uang itu, padahal suatu hari harus mengembalikannya. Tinggalkan kebiasaan berhutang, apalagi untuk sesuatu yang tidak produktif.

Caranya? merasa cukup dengan yang anda miliki. Beli barang untuk diri sendiri. Banyak orang menjadi boros akibat keputusan membeli sebuah barang karena orang lain, bukan untuk diri sendiri. Seperti membeli motor baru, padahal motor lama masih sangat layak digunakan. Pastikan bahwa anda sangat butuh barang itu, serta mampu untuk membelinya tanpa harus berhutang.

KEENAM, banyak penghasilan bukan berarti banyak pengeluaran. MIsalkan pengeluaran anda 200 ribu per hari (bensin, makan, kebutuhan rumah) dari penhasilan 500 ribu. Suatu hari anda tutup poin dan berhasil mendapatkan 1 juta. Apakah pengeluaran anda menjadi 400 ribu?

Ini yang kerap terjadi, beberapa driver kaget memperoleh uang banyak, lalu mengeluarkan uang semaunya. Mungkin menurut mereka uang bisa dicari kembali.

Hindari hal ini, pendapatan bertambah seharusnya pengeluaran tidak berubah. Taati rencana anggaran yang sudah anda buat. Alokasikan uang berlebih itu untuk ditabung atau memulai investasi.

Itu tadi 6 tips cara menabung ala ojek online. Mudah-mudahan membantu anda para driver mencapai impian. Tekat kuat, sukses dapat! Salam aspal…