Kegiatan kirim mengirim barang pakai jasa pengiriman sudah menjadi hal yang lazim di masyarakat kekinian. Hal ini disulut oleh menjamurnya kegiatan bisnis online di masyarakat, dari mulai yang skala kecil, menengah hingga yang besar. Rupanya proses mengirim barang pun bisa menjadi sangat dinamis, bukan hanya mengandalkan jasa pengiriman konvensional, tapi juga bisa pakai jasa Ojek Online (Ojol).

Tersedianya layanan kirim barang pakai jasa ojol memberikanmu alternatif pilihan dari segi tarif, kecepatan hingga kepraktisan. Maka dari itu, ada baiknya untuk memperhatikan sejumlah hal sehingga proses pengiriman barang melalui jasa ojol bisa berlangsung lancar tanpa kendala. Berikut ini sejumlah tips yang bisa kamu lakukan ketika ingin kirim barang pakai jasa Ojol:

1. Perhatikan Berat dan Ukuran Barang

Layanan kirim barang pakai jasa ojol bersifat terbatas, menyesuaikan dengan kapasitas driver ojol. Jadi, kamu harus memperhatikan beratnya, jangan sampai lebih dari 5 kg. Sementara itu, besar paket pun sebaiknya menyesuaikan dengan daya angkut driver. Jika driver menggunakan sepeda motor, maka usahakan barang terkemas rapi dan ukuran paket jangan terlalu besar.

2. Tuliskan Alamat yang Jelas

Sama seperti menggunakan jasa pengiriman konvensional, kamu harus memberikan informasi tentang alamat yang jelas kepada pengemudi. Jika perlu, kamu juga bisa memberikan patokan alamat tujuan yang mudah dideteksi seperti warna cat, bangunan strategis terdekat, atau dekat pohon apa. Jangan lupa untuk memberitahukan nomor kontak penerima. Cara ini akan makin memudahkan driver agar bisa cepat mengirim ke alamat yang tepat tanpa harus kesasar.

3. Jaga Komunikasi

Selama proses pengiriman barang, kamu harus terus memonitor perjalanan driver ojol untuk memastikan paketmu terjaga dengan baik di sepanjang jalan. Kamu bisa memanfaatkan layanan chat yang tersedia via aplikasi untuk memantau pergerakan paket dan driver. Jangan khawatir, karena driver ojol akan selalu siap sedia menjawab chatmu, karena ia pun ingin layanannya diberi bintang lima.

Demikianlah tips mudah dan aman kirim barang pakai jasa ojol. Biasanya, orang-orang memanfaatkan layanan ini  untuk pengiriman jarak pendek, atau yang pengirimannya bisa selesai kurang dari satu hari. Makanya, yuk bijak memanfaatkan layanan ojol yang satu ini dengan menyesuaikannya dengan kebutuhan.