Transportasi publik menjadi medium yang patut diwaspadai terkait penyebaran virus Corona. Pasalnya, lokus tersebut menjadi tempat lalu lalang banyak orang setiap harinya. Sehingga bisa jadi diantara mereka ada yang membawa virus.

Inilah yang menjadikan driver ojek online (ojol) termasuk kalangan yang paling rentan terhadap penularan virus Covid-19 ini. Aktivitas mereka yang setiap hari berhubungan dengan beragam konsumen memungkinkan mereka terjangkiti virus yang sudah pandemi ini.

Apalagi beberapa waktu lalu, ada dua orang driver ojol yang sempat jadi suspect di Batam. Sebelumnya, mereka pernah melakukan kontak dengan asisten rumah tangga WN Singapura yang merupakan pasien virus Corona.

Beruntung setelah dikarantina dan pengujian lab hasilnya dua orang pengemudi ojek online itu negatif dari virus corona. Tetapi belajar dari kasus tersebut, langkah antisipasi diri menjadi hal mutlak bagi pengemudi ojol agar terhindar dari virus Corona.

Dilansir dari grid.id, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan oleh driver ojol agar terhindar dari virus Corona.

1. Menggunakan masker

Langkah awal yang bisa dilakukan untuk mencegah virus corona adalah dengan menggunakan masker.

Penggunaan masker memang tidak terlalu efektif untuk melindungi diri dari virus Corona. Tapi cara ini bisa membantu untuk mengurangi percikan lendir dari mulut dan hidung, terutama jika kamu sedang sakit.

Karena pada dasarnya orang sakit lebih rentan terkena virus daripada orang yang sehat.

2. Cuci Tangan

Penyebaran virus corona terjadi lewat kontak dengan lendir yang keluar dari mulut dan hidung. Lendir tersebut bisa saja menempel pada benda.

Itu mengapa driver ojol juga harus menjaga kebersihan tangan. Mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun merupakan cara yang paling tepat agar tangan bebas dari kuman dan virus terutama Covid-19.

3. Gunakan hand sanitizer

Memakai hand sanitizer dapat membantu meminimalisir kuman dan virus yang ada di tangan termasuk Covid-19. Namun dianjurkan hand sanitizer yang memiliki kandungan alkohol diatas 50%.

Hand sanitizer tersebut udah banyak di pasaran dan mudah dibawa kemana-mana. Bahkan ada juga yang kandungan alkoholnya 70%.

4. Jangan banyak memegang wajah

Hal yang paling mudah agar terhindar dari virus Corona adalah berhenti memegang wajah kita. Terutama hidung, mulut, dan mata.

Sering memegang sebuah benda, tangan kita bisa jadi tempatnya kuman dan virus berkumpul. Jadi pastikan tangan kita sudah di cuci bersih jika driver ojol ingin memegang wajah.

5. Makanan sehat dan bergizi

Salah satu upaya untuk mencegah terkena virus Corona adalah dengan memperkuat daya tahan tubuh. Hal ini bisa dilakukan dengan makan makanan yang sehat dan bergizi.

Selain karbohidrat dan protein, konsumsi sayur dan buah sangat penting agar imun dalam diri cukup kuat.

6. Tidur cukup

Yang tak kalah penting untuk menjaga daya tahan tubuh adalah tidur yang cukup di malam hari. Jangan paksakan diri untuk terus ‘narik’ jika badan sudah lelah.

Setidaknya driver ojol tidur 6-8 jam sehari. Istirahat yang sesuai porsi akan menjaga tubuh tetap fit di jalan.

7. Periksa ke dokter

Banyak orang menjadi korban virus Corona karena telat memeriksakan dirinya saat sakit. Inilah yang harus diwaspadai.

Jika driver ojol sudah mulai merasakan gejala demam, batuk dan napas sesak, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter atau rumah sakit terdekat.

Pemeriksaan sesegera mungkin akan bisa mengurangi dampak yang fatal dari virus Corona ini.

sumber gambar: klikdokter.com