Berkendara menggunakan ojek online sudah lazim dilakukan belakangan ini. Terutama bagi Anda yang tinggal di kota dan ingin melakukan perjalanan super praktis. Tetapi terkadang, ada saja kekhawatiran penumpang ketika pertama kali naik ojek online. Untuk itulah kami membagikan beberapa tips aman naik ojek online bagi yang pertama kali naik transportasi berbasis aplikasi ini.

Usahakan untuk Memakai Celana Panjang atau Sepatu

Ini sebenarnya merupakan standar keselamatan ketika menggunakan sepeda motor sebagai alat berkendara menggunakan sepeda motor. Alasannya jelas, dengan menggunakan celana, Anda dapat duduk dengan leluasa dan mampu menjaga keseimbangan pengendara sepeda motor.

Tetapi, jika Anda wanita yang menggunaan rok panjang, maka tidak perlu khawatir. Pakailah dalaman berupa celana panjang yang tidak ketat. Dengan memakai dalaman ini memungkinkan Anda untuk tetap duduk dengan leluasa dan menjaga keseimbangan.

Luangkan Waktu untuk Memberi Feedback dengan Cerdas

Jangan malas untuk memberi feedback. Salah satu hal yang paling diharapkan oleh pengemudi ojek online adalah feedback dari pelanggannya. Feedback biasanya digunakan untuk mengukur kinerja dari driver, terutama dari bagian dalam perusahaan aplikasinya sendiri.

Tetapi cerdaslah dalam memberi feedback kepada pengemudi ojek online. Jangan mengedepankan ego ketika memberi feedback. Misalnya Anda merasa tidak senang terhadap pelayanan yang diberikan oleh pengemudi, janganlah langsung memberi bintang 1. Berilah pengertian kepada pengemudi tentang ketidak senangan Anda. Bintang 1 akan membuat akun si pengemudi terkena suspend dan akan membuat sengsara keluarga pengemudi itu.

Pastikan Untuk Selalu Memakai Helm

Anda harus memastikan bahwa driver yang Anda pilih memiliki helm tambahan. Jangan mau menaiki sebuah ojek online tanpa helm sama sekali. Kalaupun mereka memiliki helm, tetapi tidak sesuai standar juga jangan mau. Usahakan Anda tetap memakai helm berstandar SNI. Bagi pengendara ojek online juga tetaplah perhatikan keselamatan penumpang.

Nah, itulah beberapa tips aman naik ojek online yang bisa dilakukan oleh orang yang pertama kali menaiki moda transportasi ini. Jangan lupa untuk mengecek kesamaan plat nomor kendaraan dan pengemudi yang di aplikasi dengan yang asli, ya. Ini benar-benar penting demi menjamin keselamatan Anda. Selamat berkendara!