Salam hangat buat para driver ojek online (ojol) di mana pun kamu berada. Di musim hujan begini, semoga semangat “narik” ojolnya tetap membara, sehingga setiap hari selalu kebanjiran rezeki. Tapi ingat, kamu harus tetap memperhatikan keselamatan karena potensi bahaya berkendara di jalan basah lebih tinggi ketimbang ketika musim kemarau.

Ada sejumlah tips yang bisa kamu pakai agar tetap aman dan lancar mencari rezeki menjadi driver ojol di musim hujan. Tips yang akan dipaparkan meliputi ragam persiapan dan peningkatan kewaspadaan sehingga kamu bisa tetap menjaga diri dan penumpang agar aman dan selamat sepanjang jalan. Tak perlu berpanjang kata, berikut ini uraian tips aman narik ojol di musim hujan:

1. Membawa Dua Jas Hujan

Tidak semua pelanggan kamu membawa jas hujan ketika bepergian. Tapi yang pasti, mereka ingin segera sampai di tujuan untuk mengejar sejumlah agenda, tak peduli hari hujan atau tidak. Meliaht situasi ini, kamulah yang perlu siap sedia memberikan pelayanan ekstra yakni dengan membawa dua jas hujan.

Meski ini mungkin tak akan menambah pemasukan, setidaknya menyediakan jas hujan untuk pelanggan akan membuatmu berpeluang dapat pahala dan keberkahan selama mencari nafkah di jalanan.

2. Menjaga Komunikasi dengan Pelanggan

Ketika hari hujan, biasanya banyak driver ojol yang memutuskan untuk beristirahat sejenak. Dampaknya, aplikasimu mungkin akan kebagian orderan dengan titik penjemputan yang lumayan jauh. Jika hal ini terjadi, kamu bisa mengambil dua pilihan. Pertama, tetap mengambil orderan tersebut jika pelanggan mau sabar menunggu. Kedua, meminta pembatalan pesanan secara baik-baik jika penjemputan tidak mungkin dilakukan.

3. Mengambil Rute Alternatif

Ada kalanya kamu akan terhadang macet, banjir atau jalan rusak ketika sedang narik ojol di situasi hujan. Karena itulah, kamu harus benar-benar memantau situasi agar tidak terjebak dan sulit bergerak. Kamu bisa mencari jalan-jalan alternatif sehingga agenda penjemputan dan pengantaran pelanggan bisa berlangsung lancar. Jangan lupa untuk tetap menjaga konsentrasi agar menghindari celaka yang tak terduga.

Pada intinya, kamu harus benar-benar menjaga stamina dan konsentrasi ketika beroperasi menjadi driver ojol di musim hujan. Jika perlu, kamu bisa membawa perbekalan berupa makanan, minuman dan camilan agar perut selalu terisi. Jangan biarkan perutmu dalam keadaan kosong sehingga mudah masuk angin. Demikianlah tips aman narik ojol di musim hujan. Semoga artikel ini bermanfaat untukmu.