Keberadaan jasa ojek online (Ojol) pastinya sangat membantumu dalam agenda bepergian ke mana saja dengan cepat dan nyaman. Istimewanya, ada banyak promo dan diskon sehingga kamu bisa mendapatkan pelayanan eksklusif dengan tarif yang sangat terjangkau. Meski begitu, mari tetap berwaspada dalam pelaksanaannya, sehingga potensi bahaya tertutup rapat.

Faktanya, meski jasa ojol berada di bawah naungan perusahaan yang legal dan profesional, ragam kasus kriminal yang berkaitan dengan jasa ojol selalu bermunculan. Misalnya, ada kasus perampokan, penjambretan, pelecehan seksual dan ragam tindak merugikan lainnya.

Meski jangan melulu berprasangka buruk, kamu bisa melakukan sejumlah hal berikut ini sehingga efektif mencegah potensi kriminal ketika menggunakan jasa ojol:

Memperhatikan Penyimpanan Tas Atau Barang Bawaan Lainnya
Biasakan untuk tidak menempatkan barang bawaan di pundak maupun di samping karena akan memudahkan orang untuk melakukan perampasan sekaligus membahayakan keselamatan jiwamu. Menempatkan Tas dan barang bawaan penting lainnya di depanmu atau di belakang driver ojol merupakan cara yang paling aman untuk menghindari tindak penjambretan. Di posisi tersebut, barang bawaanmu berada di dalam jangkauan sehingga bisa terawasi dengan baik.

Menggunakan Pakaian Tertutup
Kami tak bermaksud mengatur cara berpakaianmu. Tapi ketika kamu menggunakan pakaian tertutup ketika sedang berkendara dengan ojol, maka kamu tidak akan terlalu menarik perhatian orang untuk melakukan pelecehan. Kamu bisa pakai jaket dan celana panjang sehingga bagian tubuhmu tidak tersingkap angina. Cara ini juga baik untuk kesehatan, di mana kamu tidak akan mudah masuk angin.

Jangan Menumpang Sambil Main Handphone
Mungkin kamu jenuh sepanjang perjalanan naik ojek online, lalu gatal mengeluarkan ponsel dan anteng bermain hp sepanjang jalan. Jika niatan itu tebersit, segeralah mengurungkannya. Lebih baik kamu tetap memasukkan ponselmu di tas sehingga menjaganya tetap aman. Rasa jenuh bisa kamu hempaskan dengan berbincang ringan denan abang ojol. Ini jauh lebih menyenangkan dan membantumu semakin merasa aman.

Demikianlah tiga cara sederhana yang bisa kamu lakukan agar selalu aman ketika berkendara menggunakan jasa ojol. Ingatlah, bahwa sering kali tindakan kriminal terjadi karena ada kesempatan. Jadi, yuk selalu mawas diri dan melakukan pencegahan, sehingga kamu bisa selalu menggunakan jasa ojol dengan nyaman dan aman dari awal keberangkatan hingga tempat tujuan!