Driver ojek online (ojol) merupakan profesi yang cukup istimewa karena dalam agenda kerjanya, ia bukan hanya bergantung pada kendaraan semata. Para driver harus melengkapi diri dengan smartphone yang mumpuni sehingga bisa menerima orderan, menyimpan uang penghasilan, hingga berinteraksi dengan pelanggan.

Mengingat pentingnya kepemilikan smartphone, para driver sebaiknya jangan terlalu hitungan dalam menyediakan smartphone yang benar-benar berkualitas. Jika harganya sedikit mahal, anggap saja kepemilikan smartphone tersebut serupa investasi, demi mendukung kelancaran kerja di keseharian. Lantas, smartphone macam apa yang paling ideal untuk mendukung agenda kerja para driver? Berikut ini sejumlah kriteria yang bisa kamu penuhi agar bisa bekerja sebagai driver ojol secara maksimal:

1. Perhatikan Ukuran Layar

Belilah smartphone yang ukuran layarnya cukup luas, yakni minimal 4.7 inchi. Layar yang besar akan membantumu dalam berinteraksi dengan pelanggan secara dinamis, membaca map secara lancar, serta memudahkanmu dalam menggunakan aplikasi ojol untuk kepentingan yang lainnya.

2. Perhatikan Kualitas Prosesor

Kamu setidaknya harus memastikan smartphonemu memiliki prosesor atau system of chip Minimal Quad Core. Prosesor jenis ini akan memudahkanmu menjalankan sejumlah aplikasi sekaligus dengan lancar tanpa kendala. Ketika aktivitas kerja smartphone lancar, proses melayani konsumen akan berlangsung lancar karena tidak terganggu urusan teknis.

3. Perhatikan Kapasitas RAM dan Memori Internal

Jangan biarkan smartphonemu lemot, jadi pastikanlah RAM dan memori internalnya cukup luas. Minimal RAM yang harus ada di smartphonmu adalah sebesar 2 GB sehingga aktivitas kerja smartphone bisa cepat dan lancar. Sementara itu, untuk rekomendasi kapasitas memori internal disarankan sebesar 16 GB.

4. Perhatikan Daya Tahan Baterai

Kamu akan seharian berada di jalanan, dan mungkin kesempatan untuk mengisi daya smartphone minim. Bisa saja kamu menggunakan power bank, tapi jika daya tahan baterai minim, ini akan jadi salah satu penghambat utama kinerja sebagai driver ojol. Maka dari itu, pilihlah smartphone yang memiliki kapasitas baterai yang lumayan kuat, yakni minimal 3000 mAH. Kondisi baterai semacam ini akan membuat smartphonemu tetap menyala hingga 5-6 jam.

Demikianlah empat kriteria yang setidaknya harus dimiliki oleh smartphone para abang ojol. Ketika smartphonemu sudah memenuhi syarat di atas, kelancaran kerja diharapkan akan terjamin. Yang tak kalah penting, jangan lupa untuk beli kuota dan paket data agar segala proses kerja bisa benar-benar bebas kendala.