Tip merupakan salah satu wujud terima kasih dari pelanggan atas suatu layanan komersil yang dinilai memuaskan. Bukan hanya berlaku di restoran dan perhotelan, tip rupanya bisa didapatkan oleh abang driver ojek online (ojol) atas pelayanannya yang maksimal dalam mengantar pelanggan. Tapi apakah kamu harus selalu memberikan tip kepada para driver setiap kali selesai dilayani?

Jawabannya relatif, bisa “Ya” bisa juga “Tidak”, dan masing-masingnya memiliki alasan tersendiri, yang boleh kamu sepakati maupun tidak. Menyoal perlu atau tidaknya memberikan tip untuk driver ojol, mari kita simak uraian berikut ini:

1. Perlu, Jika Mampu

Saat ini perusahaan jasa ojol lumayan banyak, begitu pula dengan jumlah drivernya. Mereka saling bersaing berebut pelanggan, lalu kejar poin dan setoran agar setiap harinya bisa dapat penghasilan yang lumayan. Di sisi lain, kondisi ekonomi para driver ojol kebanyakan dari kelas menengah ke bawah. Mereka bisa jadi adalah kalangan tua yang sudah tidak punya kesempatan bekerja di tempat lain, atau kalangan muda yang memang sedang menunggu pekerjaan lain yang lebih baik.

Menyikapi hal ini, adalah sangat layak jika kamu sudi memberikan tip kepada para driver, dengan niat sedekah sehingga peluang mendapatkan pahala selalu terbuka. Jangan melulu menunggu mendapatkan pelayanan yang maksimal dan super menyenangkan, tapi berilah tip untuk driver ojol setiap kali ada kesempatan.

Nominal uang tip tak perlu besar. Jika kamu membayar tunai, kamu bisa memberikan uang kembalian. Jika kamu membayar pakai saldo digital, kamu bisa memberikan tip dengan cara memberi penilaian yang baik, misalnya bintang lima dan komentar positif, sehingga para driver bisa dapat bonus dari perusahaan.

2. Tidak Perlu, Jika Tidak Mampu

Mungkin uangmu sedang dalam kondisi pas-pasan bahkan kurang, sehingga tidak bisa memberi tip untuk driver ojol. Pada situasi ini, kamu tidak perlu merasa bersalah, apalagi memaksakan diri untuk tetap memberi sedekah. Gantilah tip yang tidak bisa kamu berikan dengan sikap baik dan sopan, serta penuh penghormatan terhadap abang ojol. Meski mungkin kamu diperlakukan kurang ramah, ikhlaskan saja dan terus menjaga prasangka baik terhadap driver ojol yang pelayanannya dirasa kurang maksimal.

 Jadi, janganlah kamu menempatkan diri di posisi dilematis, apakah harus kasih tip atau tidak untuk driver ojol. Berilah jika mampu, sebab itu bisa jadi ibadah. Tapi juga jangan sampai pamer, apalagi memaksakan diri ketika sedang tidak mampu dari segi keuangan. Sekian.