Membicarakan sepak terjang ojek online pasti tak akan lengkap tanpa melirik promo-promo yang disajikan. Promo ini biasanya berwujud potongan harga, sehingga kita tak perlu membayar secara penuh untuk sebuah layanan, atau dengan kata lain semacam diskon begitulah.

Jujur saja, sebenarnya promo inilah yang ditunggu-tunggu oleh banyak kalangan, tak hanya oleh para konsumen, tetapi juga oleh para mitranya.

Seperti diketahui, dua penyedia jasa layanan ojek online di Indonesia, yaitu Grab dan Gojek memang banyak “membakar” uang untuk memanjakan konsumen dan mitranya melalui berbagai macam promo. Mulai dari potongan harga hingga casback. Soal ini, kamu pasti sudah paham ‘luar-dalam’, kan?

Nah, memasuki Bulan Desember 2019 ini, dua penyedia jasa layanan ojek online itu juga masih menggelontorkan banyak promo. Coba cek saja di aplikasinya.

Kali ini, kita akan membahas soal promo-promo ini. Tentu saja, yang dibahas cuma beberapa, karena kalau dituliskan semuanya pasti akan berjilid-jilid saking banyaknya.

Pada bulan ini, Grab memberikan promo untuk berbagai layanannya, mulai dari Bike, Grab-Food, dan layanan belanja barang lainnya. Untuk kategori Grab Bike, misalnya, konsumen bisa menggunakan beberapa kode promo untuk mendapatkan potongan harga dari sebuah perjalanan.

Untuk wilayah Jabodetabek, ada kode promo GRABHEPI untuk mendapatkan diskon 90% dengan maksimal potongan hingga Rp6.000. Periode promo ini berlaku hingga 31 Desember 2019. Ketentuannya, promo hanya bisa digunakan 10x perjalanan (maks. 2x/hari). Promo juga hanya bisa digunakan pukul 06:00 – 23:59 WIB.

Selain kode promo GRABHEPI, masih ada juga kode promo lainnya, seperti GRABAMANOVO, GRABASIK, GRABYOH, GRABRINDU, dan lain sebagainya. Kamu bisa cek sendiri untuk mendapatkan syarat dan ketentuannya.

Selain untuk Bike, konsumen setia Grab juga dimanjakan dengan adanya promo untuk Grab Food. Dengan tagline ‘Jajan Masa Kini’, konsumen sekarang bisa turut memajukan perkembangan UMKM dengan membelinya via dompet virtual, OVO.

Dengan promo ini, kamu bisa jajan apa aja di merchant UMKM OVO favoritmu, cukup scan pakai aplikasi Grab dan bayar pakai saldo OVO-mu dan akan mendapatkan cashback 30% maksimal 3.500 OVO points/struk/transaksi/har,i atau 17.500 OVO points selama periode promo/pengguna.

Selain itu, konsumen Grab juga akan mendapatkan potongan harga untuk berbalanja di supermarket dengan layanan GrabFresh. Dengan menggunakan kode promo HOLIFRESH, kamu bisa mendapatkan Diskon Rp 50ribu dengan min. belanja Rp 350rb untuk periode promo 5 Des 2019–5 Jan 2020.

Kemudian, promo-promo tersebut tak hanya ditujukan untuk para konsumen saja. Karena ternyata promo dari Grab juga diberikan untuk para mitranya. Misalnya, untuk Mitra Grab di Jakarta dan Bandung bisa menikmati harga spesial untuk pembelian Ban Zeneos/IRC mulai dari Rp.109.000 (diskon 15%) laughing.

Selain itu, ada juga BONUS VOUCHER KFC Rp. 10.000 untuk pembelian ban luar dengan minimal Rp. 250.000.

Kemudian melalui GrabBenefits, mitra Grab yang berada di Tangerang, Bekasi, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Medan, dan Makassar juga bisa gratis melakukan pemeriksaan mata dan promo paket kacamata dan lensa mulai dari Rp. 119.000. Hal ini karena GrabBenefits menjalin kerjasama dengan 2.5 NVG – Essilor.

Tak ketinggalan dengan Grab, kompetitor utama mereka Go-Jek juga jor-joran mengeluarkan promo untuk para konsumennya. Ada kode promo COBAINGOJEK dan ANAKBARU untuk pengguna baru. Dengan promo ini kamu bisa mendapatkan potongan Rp. 10 ribu tanpa syarat selama 7 hari.

Selain itu, ada promo yang bervariasi antara 15-30 persen untuk penggunaan GO-PAY dalam berbagai layanan GoJek, baik untu Go-Food atau berbelanja kebutuhan lainnya. Lengkapnya, kamu bisa cek di website Go Jek langsung.

Tak hanya itu, GoJek juga kembali memberikan promo menarik bagi pelanggan setianya. Promo tersebut bertajuk MaMiMuMeMo.

Festival promo ini menawarkan diskon hingga 70 persen, dengan bonus cashback sampai dengan Rp50 ribu di GoPay Mission. Promo ini berlaku mulai tanggal 25 November sampai 22 Desember 2019.

Itulah beberapa promo yang disediakan oleh Grab dan GoJek untuk akhir tahun ini. Semuanya terlihat berusaha menggaet konsumen dengan memberikan berbagai macam promo.

Namun sayangnya, promo-promo dari kedua penyedia layanan ojek online itu hampir semuanya bersifat kedaerahan. Maksudnya, promo-promonya itu hanya berlaku di suatu daerah tertentu saja, dan tidak menyeluruh. Inilah yang kadang membuat konsumen di lain daerah dan tidak mendapatkan promo bisa iri.

Terlepas dari itu, sepanjang promo-promo tersebut menguntungkan konsumen, haqqul yakin pasti akan disikat habis. Karena inilah kesenangan masyarakat Indonesia. Betul, kan?