Di tengah pandemi corona seperti ini, ketersediaan pangan merupakan faktor utama di masyarakat. Apalagi, sebagian besar orang berdiam diri di rumah.

Tanpa ada stok dan pasokan yang mencukupi, kelangkaan pangan merupakan hal yang niscaya. Bila ini terjadi, maka kekacauan bisa saja merasuki masyarakat kita.

Untuk menghindari itu, pemerintah pun berinisiatif untuk mencari jalan alternatif guna mendistribusikan pangan ke masyarakat. Tak bisa lagi menggunakan cara normal dan seperti biasanya. Kerjasama dengan start up digital adalah salah satunya.

Grab Indonesia bekerja sama dengan Kementerian Pertanian RI dan 6 perusahaan mitra lainnya, berusaha memastikan kebutuhan pangan masyarakat terpenuhi dan pendapatan tambahan bagi mitra pengemudi disaat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Nota Kesepahaman telah ditandatangani antara Kementerian Pertanian Republik Indonesia, Grab dan 6 Mitra Usaha di Indonesia yakni, PT. CPI (Prima FreshMart), PT. Japfa Comfeed Indonesia (Best Meat), PT. Tri Putra Panganindo (Juragan Ayam), PT. Cimory (Cimory), PT. Indoguna (Indoguna) dan PT Agro Boga Utama (Meat n Fresh).

Para Mitra Usaha itu adalah perusahaan penyedia daging sapi, ayam, ikan, susu dan juga produk lainnya, yang akan memanfaatkan platform digital Grab untuk memastikan distribusi produk hasil peternakannya sampai ke masyarakat luas.

“Kemitraan ini akan mendorong keberlangsungan hidup Mitra Pengemudi dan Pengantaran kami – yang terus bekerja keras untuk memastikan roda perekonomian terus berjalan. Kemitraan ini juga membantu menciptakan kesempatan pendapatan tambahan bagi mereka walaupun mobilitas sedang terbatas di negara ini,” President of Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata dalam siaran resminya sebagaimana dikutip CNBC Indonesia, Selasa (14/04).

Pengguna bisa memesan produk pangan ternak segar seperti daging, ayam, susu dan lainnya dapat dipesan melalui GrabMart atau langsung dari mitra retail melalui GrabExpress.

Pengiriman ini menjangkau berbagai provinsi di Indonesia yaitu Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta, Lampung, Bali dan Sulawesi Selatan dengan layanan GrabExpress.

Nantinya Kementerian Pertanian juga akan memfasilitasi pengiriman yang lebih cepat dengan menyediakan pusat distribusi di area Kementan Berbagai lokasi tambahan akan disiapkan oleh Kementerian Pertanian untuk masing-masing Mitra Usaha.

“Dengan begitu konsumen dapat memperoleh barang belanjaan mereka dengan lebih cepat dikarenakan lokasi pusat distribusi yang lebih dekat,” katanya.

Selain itu, Grab juga telah meluncurkan GrabMart, layanan pengiriman barang-barang kebutuhan sehari-hari di Jakarta, dan GrabExpress Nalangin, di Jakarta, Bandung, Makassar, Surabaya, Semarang, Yogyakarta dan Bali.

Dengan fitur ini, konsumen bisa dilakukan pemesanan lewat whatsapp yang membantu pelanggan di 234 kota untuk berbelanja dari rumahnya. Mitra Usaha yang memiliki akun Grab For Business sehingga konsumen dapat melakukan pemesanan kepada mereka lewat WhatsApp dan kemudian memilih pilihan pengiriman via GrabExpress. Fitur ini akan tersedia di 234 kota di Indonesia.

Jadi, kalau diringkas ada beberapa fitur baru dari Grab Indonesia untuk membantu masyarakat mangakses kebutuhan pokok selama masa pandemi ini. Diantaranya:

  1. GrabMart: Beberapa toko Mitra Usaha akan terdaftar sebagai Mitra Usaha di GrabMart, dan konsumen di Jakarta, Bogor, Depok dan sekitarnya dapat melakukan pemesanan serta pengantaran langsung melalui GrabMart di aplikasi Grab mereka.

  2. GrabExpress Nalangin: Konsumen di Jakarta, Bandung, Makassar, Surabaya, Semarang, Yogyakarta dan Bali dapat melakukan Pemesanan melalui toko Mitra Usaha melalui GrabExpress Nalangin. Kemudian toko tersebut akan menyiapkan pesanan dan mengirimnya via GrabExpress.

    Mitra Pengantaran akan membayarkan biaya belanjaan terlebih dahulu kepada Mitra Usah dan pelanggan dapat langsung mengganti biaya tersebut kepada Mitra Pengantaran saat barang diterima. Tersedia juga layanan GrabExpress Nalangin Car yang akan melayani pelanggan dengan armada GrabCar untuk belanjaan dalam jumlah besar.

  3. Pemesanan via WhatssApp: Mitra Usaha akan memiliki akun Grab For Business sehingga konsumen dapat melakukan pemesanan kepada mereka lewat WhatsApp lalu kemudian memilih pilihan pengiriman via GrabExpress.

    Fitur ini akan tersedia di 234 kota di Indonesia. Beberapa mitra swalayan yang menawarkan layanan ini termasuk Giant, Indomaret, Ranch Market, Farmer’s Market, Carrefour/Transmart, dan lainnya.

Dengan adanya fitur-fitur baru tersebut, kerjasama multipihak antara pemerintah dan swasta guna memenuhi kebutuhan masyarakat bisa terealisasi. Kini kita bisa berbelanja produk pangan melalui Grab Indonesia.

Terkait ini, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo pun mengapresiasi layanan belanja berbasis online yang didukung oleh armada Grab yang terbesar di Indonesia. Menurutnya, dengan begini, kebutuhan masyarakat dapat dipenuhi, terutama menyambut Hari Besar Keagamaan, termasuk Bulan Ramadhan.

“Saya mengapresiasi kontribusi yang diberikan oleh Grab dalam memastikan kelancaran distribusi produk pangan hasil peternakan seperti daging sapi dan ayam, telur, susu dan olahan lainnya kepada masyarakat. Dampak COVID-19 tidak hanya merugikan negara dari sisi kesehatan tetapi juga pada sektor perekonomian termasuk dalam hal pangan dimana sektor pertanian harus siap menjadi garda terdepan melawan penyebaran COVID-19,” kata Mentan seperti dikutip dari CNBC Indonesia.

Kita patut mengapresiasi siapapun yang bekerja melayani masyarakat di tengah pandemi seperti ini. Apalagi soal pangan. Karena ini adalah soal hidup dan mati bagi masyarakat secara luas.

Salut untuk pemerintah, Grab Indonesia, dan 6 mitra perusahaan yang terus bekerja memastikan pangan tetap tersedia di masyarakat.