Hadirnya start up di bidang transportasi online, seperti Grab, telah menciptakan peluang baru bagi masyarakat Indonesia. Berbondong-bondong orang ingin menjadi mitra pengemudinya.

Bagi mereka yang memiliki mobil, menjadi driver GrabCar adalah pilihan yang logis nan rasional. Hal ini karena adanya tawaran penghasilan yang bisa mencapai jutaan rupiah setiap bulannya, belum ditambah berbagai bonus dan benefit lainnya.

Namun yang perlu diketahui, tidak semua mobil bisa mendaftar menjadi bagian dari taksi online tersebut. GrabCar memiliki spesifikasi aturannya sendiri.

Selain dari perusahaan, Pemerintah juga meregulasi syarat mobil yang akan bergabung ke dalam ekosistem ride-hailing ini. Hal ini diatur melalui Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 118 tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Angkutan Sewa Khusus yang mulai berlaku efektif pada 1 Juni 2019 lalu.

Agar memenuhi persyaratan sebagaimana ditentukan oleh GrabCar dan Pemerintah, ada baiknya kamu mengetahui kriteria mobil yang dimaksudkan. Berikut 7 kriteria mobil yang cocok untuk bergabung dengan GrabCar.

1. Kapasitas Mobil

Bagi mitra pengemudi GrabCar tentunya harus memastikan kendaraan roda empat atau mobil yang dipakai sesuai dengan aturan baru yang berlaku. Pada peraturan tersebut, menyoal mobil harus memiliki kapasitas silinder dengan minimal 1.000 cc.

2. Wilayah Beroperasi

Wilayah beroperasi taksi online di antaranya berada di dalam Kawasan perkotaan, dari dan/atau ke bandara udara, pelabuhan atau simpul transportasi lainnya.

3. Plat Mobil

Meski sama-sama mengangkut penumpang, taksi online memiliki sedikit perbedaan dengan taksi konvensional. Yakni, kendaraan harus menggunakan plat warna dasar hitam tulisan putih sesuai data di aplikasi.

4. Mobil Layak Pakai

Bicara tentang layak pakai, maka indikator paling utamanya adalah keamanan. Kemudian juga harus nyaman, dan terkesan bagus. Ini bisa dilihat dari berbagai indikator, seperti berfungsinya berbagai item mobil dan bisa jalan tanpa mogok.

Diakui atau tidak, kebanyakan mobil di GrabCar saat ini sudah memenuhi kriteria layak pakai ini. Rerata mobil yang dipakai sudah keluaran terbaru dan relatif masih bagus kondisinya.

5. Bukan Mobil Lawas

GrabCar memiliki aturan tentang syarat tahun mobil. Artinya, mobil yang boleh didaftarkan hanya mobil keluaran terbaru, dan bukan mobil-mobil lawas.

Misalnya, untuk wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya, mobil harus di atas tahun 2013. Sedangkan untuk kota-kota besar lainnya, seperti Surabaya, Bandung, Yogyakarta, Medan, Bali, Semarang, Palembang, atau Makasar harus di atas tahun 2012. Sedangkan selain kota tersebut harus di atas tahun 2011.

6. Surat Kendaraan Lengkap

Ini merupakan syarat wajib sebelum bergabung menjadi mitra GrabCar. Dokumen legalitas mobil yang meliputi BPKB dan STNK harus bisa ditunjukan saat mendaftar. Kemudian ditambah dengan SIM bagi pengemudi. Pastikan semua dokumen masih dalam masa berlaku alias tidak kedaluarsa tanggal sehingga proses pendaftaran dapat berjalan dengan cepat.

7. Jenis Mobil Sesuai Peruntukan

Harus disadari bahwa tidak semua jenis mobil bisa digunakan sebagai taksi online. Jenis kendaraan seperti truck atau pick up, tentu saja tidak diperbolehkan untuk menjadi mitra pengemudi GrabCar.

Sedangkan, jenis-jenis mobil yang diperbolehkan, meliputi, MPV, SUV, Sedan atau Hatcback. Terlepas dari apapun mereknya, asalkan masuk ke dalam kriteria di atas maka kamu bisa bergabung menjadi mitra GrabCar.