Sebagai everyday super app, Grab terus berbenah untuk memenuhi kebutuhan penggunanya. Tak hanya dari sisi aplikasi yang makin ciamik, perusahaan start up ini juga melengkapi berbagai fitur untuk keamanan pelanggannya.

Salah satu manfaat nyata dari adanya penambahan fitur-fitur tersebut adalah soal kedaruratan di jalan. Beberapa waktu lalu, sebuah dugaan penculikan penumpang Grab Car di Jakarta dapat digagalkan karena adanya fitur ‘emergency’ ini.

Meskipun kasus itu ternyata hanyalah sebuah kesalahpahaman antara penumpang dan pengemudi, tetapi keberadaan fitur emergency tersebut tak bisa dinafikan lagi, alias sangat penting.

Dengan adanya fitur tersebut, kita bisa terhubung dengan operator Grab selama 24 jam untuk memastikan keselamatan diri sendiri. Juga bisa meminta bantuan di kala mengalami gangguan di jalan.

Tetapi selain itu, tahukah kamu, Grab ternyata juga memiliki beberapa fitur tambahan lagi yang sangat berguna. Fitur-fitur tersebut dihadirkan dengan tujuan untuk memudahkan pelanggannya dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut 4 fitur baru di Grab yang penting diketahui, sebagaimana dilansir dari detik.com.

1. Kolom Promo

Jika kamu penggemar promo ojek online, coba cek laman “Inbox” yang terdapat di laman utama aplikasi Grab secara berkala. Di sini pengguna bisa mendapatkan pesan berisi kode promo yang bisa dinikmati. Lalu ada juga promo yang diberikan Grab khusus buat pengguna.

Caranya, kunjungi laman “Rewards” lalu klik logo tiket di pojok kanan atas. Setelah itu akan muncul laman lain yang berisi promo yang sedang berlangsung dan juga yang telah digunakan. Untuk menggunakan promo di atas, sebelum mengkonfirmasi pesanan makanan, kendaraan atau pengiriman barang, klik pilihan “Promo” dan masukkan kode promo tersebut.

2. Pesan Banyak

Fitur baru ini memungkinkan pengguna memesan 4 pesanan GrabFood dalam waktu yang bersamaan. Pengguna juga bisa memesan beberapa menu sekaligus dari beberapa mitra GrabKitchen dalam satu pesanan dengan fitur “All in One”.

Untuk GrabExpress, pengguna bisa memesan hingga 10 kurir dalam waktu yang sama untuk daerah Jabodetabek dan 5 kurir di luar Jabodetabek.

Kini, kamu bahkan bisa memesan GrabFood, menonton video, dan berkonsultasi dengan dokter pada saat sedang dalam perjalanan dengan GrabCar atau GrabBike. Semakin mudah, bukan?

3. Pusat Bantuan

Fitur ini sangat penting saat kita mengalami kendala dengan GrabCar atau GrabBike, GrabFood, maupun GrabExpress. Fitur ini berada di laman “Profil” atau “Aktivitas” yang terdapat di laman utama aplikasi Grab.

Dalam Pusat Bantuan, pengguna bisa memilih berbagai opsi kendala yang dihadapi. Pengguna akan diminta mengisi formulir online yang akan diterima oleh tim layanan pelanggan Grab, setelahnya baru menerima konfirmasi email dengan nomor laporan yang harus disimpan.

Jika masih ada kendala, pengguna bisa menghubungi layanan pelanggan Grab di nomor +6221 50816600. Ke depannya, Grab akan menambahkan fitur Live Chat dalam aplikasi, agar pengguna bisa berkomunikasi langsung dengan tim layanan pelanggan.

4. Pusat Keselamatan

Inilah fitur yang ditekan oleh pengguna Grab Car di atas saat menduga dirinya diculik. Letak fitur “Pusat Keselamatan” ini di pojok kanan atas aplikasi Grab. Di situ, pelanggan bisa memilih tiga layanan yang dibutuhkan.

Pertama, Bagikan Informasi Perjalanan, menawarkan pilihan untuk memberi akses bagi keluarga atau orang tercinta melacak lokasi dan status perjalanan, lengkap dengan perkiraan waktu kedatangan, dan detail mitra pengemudi.

Kedua, Laporkan Masalah Keselamatan, penumpang dapat melaporkan masalah keselamatan dengan mudah, kapan saja, dalam perjalanan mereka sehingga Grab dapat mengambil tindakan cepat terhadap potensi insiden keselamatan.

Ketiga, Dapatkan Pertolongan Darurat, jika terjadi keadaan darurat, penumpang dapat meminta bantuan dari tim respon insiden Grab 24/7. Peringatan SMS yang berisi detail perjalanan mereka dan lokasi saat ini akan secara otomatis dikirim ke kontak darurat yang telah didaftarkan.