Layanan GrabBike kini sudah ada di Malaysia, pengguna layanan grabBike dapat menikmati layanan ini di lokasi-lokasi seperti KLCC, Bukit Bintang, Pudu, dan Chow Kit,” kata Grab Malaysia, dikutip dari Bikes Republic, Selasa (7/1/2020).


Meskipun Pemerintah Malaysia cukup ketat dalam memberikan ijin pada transportasi online khususnya kendaraan roda dua, namun pada akhirnya mereka luluh juga dengan membuat uji coba menjalankan aplikasi ini. Namun meski demikian, ada syarat yang harus di patuhi oleh pengguna aplikasi GrabBike ini. Yakni GrabBike hanya diperbolehkan untuk menerima jasa pengantaran dengan jarak tempuh 10 kilometer saja.


Hal ini dilakukan oleh pemerintah di Malaysia, salah satunya dengan alasan tingkat kecelakaan roda dua yang dianggap lebih tinggi. Untuk transaksi tunai juga dibatasi yakni atara pukul 21.00-02.00 saja.


Ujicoba penggunaan GrabBike ini akan dilakukan selama enam bulan saja. Yang mana telah dimulai pada tanggal 03 Januari 2020 lalu. Dengan adanya ujicoba ini Pemerintah Malaysia bisa melihat budaya transaportasi online yang baru. Selain itu Pemerintah Malaysia juga dapat melihat seberapa tinggi permintaan konsumen terhadap teknologi dan aplikasi ojek online.


Adapun tariff untuk tiga kilometer pertama pengguna ayanan GrabBike adalah RN3,70 kemudian di tambah lagi RM0,30, atau jika dirupiahkan setara dengan Rp 13,500. Untuk jarak hingga 5,5 kilometer setelahnya akan dikenakan biaya RM0,50 dan jika jarak yang ditempuh lebih jauh lagi akan dikenakan RM1 menurut data yang di lansir.


Selain itu jika pengguna aplikasi melakukan pembatalan setelah 5 menit melakukan order atau pada saat pengemudi menunggu lebih dari dua menit di titik penjemputan, Grab juga memberlakukan biaya pembatalan sebesar RM2 atau sekitar Rp 6.785


Selain aplikasi GrabBike layanan aplikasi local Dego Ride juga turut meramaikan pasaran ojek online di Malaysia dengan tariff yang berbeda. Yakni RM3 untuk 3 kilometer perjalanan dan juga RM1 untuk setiap kilometer selanjutnya.

Artikel in telah tayang di https://www.republika.co.id/ dengan judul usul Ojol Lokal, GrabBike Resmi Mengaspal di Malaysia, Gojek Kapan Nih?