Kemunculan sejumlah perusahaan jasa ojek online membuat persaingan semakin ketat. Meski sudah diterapkan uji coba kenaikan tarif ojol oleh pemerintah, mereka seperti tak kehabisan akal untuk mendapatkan pelanggan sebanyak-banyaknya. Jasa ojol bersaing ketat berebut perhatian pelanggan dengan menyuguhkan ragam promo dan diskon.

Sebagai pengguna jasa ojol, kamu mungkin akan kalap menyambut sejumlah tawaran dan promo yang menggiurkan. Sebagian dari kamu bahkan memutuskan mengganti perusahaan jasa ojol andalan, atau bahkan mengunduh semua aplikasi ojol yang menawarkan promo tarif murah meriah.

Memang tak akan mudah menolak rayuan tarif ojol murah di tengah tingginya biaya transportasi eksklusif. Tapi ingat, kamu harus tetap jeli melakukan perhitungan sehingga bisa memanfaatkan jasa ojol secara efektif dan efisien. Jika kamu kalap menyambut tawaran promo dan paket ojol, bisa jadi justru kamu malah buntung bukannya untung.

Ini dia sejumlah langkah yang bisa ditempuh agar bisa menyambut ragam promo dan paket ojol dengan efektif dan efisien:

1. Pilih Paket Menyesuaikan Kebutuhan

Di antara sejumlah paket yang ditawarkan, kamu bisa menyesuaikannya dengan rutinitas. Misalnya, kamu terbiasa berangkat dan pulang kantor menggunakan jasa ojol setiap hari (kecuali minggu), maka pilihlah paket hemat yang bisa menyesuaikan dengan rutinitasmu. Sebaliknya, jika kamu tidak terlalu sering bepergian, tidak perlu memaksakan diri mengambil paket tapi malah tidak terpakai dan membuat kamu rugi sendiri.

2. Bandingkan Biaya Paket dengan Ongkos Transportasi Normal

Sebelum mengambil paket ojol, hitunglah biaya ongkos transportasi jika kamu pakai kendaraan umum dibandingkan dengan harga paket. Mestinya harga paket ojol lebih murah dibandingkan dengan ongkos transportasi normal. Selain itu, hitung juga kepastian penggunaan jasa ojol dalam sebulan. Jangan sampai kamu membayar di muka dengan uang berlebih, tapi pada akhirnya yang itu hangus tak terpakai.

3. Hindari Menggunakan Banyak Aplikasi Ojol

Niat awal mengunduh banyak aplikasi ojol mungkin karena ingin mendapatkan paket dan promo sebanyak-banyaknya. Tapi sebenarnya itu bukanlah tindakan tepat, malah akan berpotensi boros dan memebratkan smartphonmu. Belajarlah untuk setia pada satu aplikasi saja, sebab rata-rata paket di semua aplikasi ojol sama saja. Tinggal kita saja yang harus pintar-pintar menyesuaikan layanan dengan kebutuhan.

Demikianlah tiga cara yang bisa kamu lakukan agar bisa menggunakan paket dan promo ojol secara efektif dan efisien, menyesuaikan dengan kebutuhan. Semoga artikel ini bermanfaat untukmu.