Ada banyak cara seseorang menyampaikan pesan. Salah satunya melalui tulisan yang dipajang di tempat tertentu.

Semua itu mengandung maksud agar pesan tersebut bisa dipahami oleh khalayak. Begitu juga dengan apa yang dilakukan oleh beberapa pengemudi ojek online (ojol) ini.

Mereka memajang beragam tulisan yang mengharukan di balik helmnya. Semua itu bagian dari cara mereka berkomunikasi kepada konsumen yang duduk di belakangnya.

Fenomena ini sempat direkam oleh warganet di Indonesia, dan sebagian diunggah oleh akun Instagram @dramaojol.id. Jujur saja, pesan dari para ojol itu banyak yang menggelitik nalar dan nurani kita.

Berikut tulisan yang mengharukan di balik helm para pengemudi ojek online yang dihimpun dari berbagai temuan warganet.

1. Curhatan Anak Mandiri

Dalam tulisan ini, sang pengemudi seolah ingin menyampaikan pesan bahwa dirinya adalah anak yang mandiri dan tidak bergantung pada harta orang tua. Dia lebih memilih untuk bekerja penuh keringat di siang hari untuk hidupnya. Sebuah semangat yang patut diapresiasi, tentunya.

2. Gratiskan Anak Sekolah dan Ibu Hamil

Abang ojol ini bukan sembarang pengemudi ojek online. Sebab dia memiliki semangat berbagi yang tinggi untuk anak-anak sekolah dan ibu hamil. Caranya yakni dengan menggratiskan layanannya bagi mereka. Hebat!

3. Tulis Doa Perjalanan agar Selamat

Keselamatan di jalan adalah faktor utama bagi seorang driver ojol dan penumpangnya. Untuk itu, pengemudi ojol ini menuliskan doa perjalanan di helmnya. Harapannya, semoga perjalannya bisa selamat tanpa ada halangan apapun di jalan.

Uniknya, karena tulisan ini penumpang yang membacanya pun otomatis juga turut berdoa. Sebuah teladan untuk senantiasa ingat Tuhan dengan cara yang kreatif. Ya, kan?

4. Pesan untuk Bintang Lima

Diakui atau tidak, kinerja driver ojek online itu tergantung dari penilaian penumpang. Jika dinilai jelek, maka bisa jeleklah reputasi driver tersebut. Bahkan bisa disuspend oleh pihak aplikator.

Abang ojol ini punya cara untuk merayu hati penumpangnya. Dia taruh tulisan permohonan dari anaknya, Rizkia, agar tidak memberikan bintang satu, atau penilaian yang rendah. Semua itu agar anaknya bisa jajan.

Terharu kan? Aduh, siapa sih yang taruh bawah merah di sini?

5. Permohonan Maaf karena Laju Pelan

Hampir mirip dengan sebelumnya, driver ojol ini juga menempatkan tulisan anaknya di belakang helmnya. Isinya sebuah permohonan maaf dari seorang anak karena bapaknya sebagai driver tidak bisa ngebut.

Sang anak mengaku selalu menunggu kedatangan ayahnya. Oleh karena itu, dia tak ingin ayahnya itu kecelakaan karena ngebut. Uh, sungguh menyentuh hati.

6. Pesan dari Sang Tuna Rungu

Tak ada hambatan bagi seorang penyandang tuna rungu untuk berdaya dan mandiri. Salah satunya dengan menjadi pengemudi ojol. Seorang pemuda ini mencontohkan itu.

Dia memanfaatkan tulisan di belakang helmnya untuk memberitahu konsumennya bahwa dirinya seorang penyandang difabel. Tak lupa, dia juga berharap para penumpang memberikan bintang lima. Keren kan?