Kejahatan bisa menimpa kita kapan saja dan di mana saja. Makanya, sikap waspada dan antisipatif harus melulu diterapkan sehingga tindak kriminal yang merugikan bisa dihindarkan. Termasuk untuk para driver ojek online (ojol). Selalulah bersikap jeli dan waspada sehingga tidak mudah mendapatkan order fiktif yang membahayakan, atau berpotensi merugikan keselamatan harta dan jiwa.

Seperti diketahui, kasus order fiktif dan bermuatan kriminal selalu mengintai para driver ojol. Dalam sejumlah pemberitaan, praktik semacam ini bahkan bisa berakibat hilangnya nyawa driver, pun kerugian harta dan kendaraan. Makanya, mari kita simak tips berikut ini agar bisa selamat dari orderan fiktif dan segala transaksi yang berpotensi membahayakan. Mari simak uraiannya berikut ini:

1. Jangan Pernah Menerima Orderan Offline

Driver ojol sebaiknya tidak pernah menerima orderan dari pelanggan jika melalui jalur offline. Sebisa mungkin semua transaksi dilakukan secara online dan tetaplah menyalakan aplikasi sepanjang transaksi.

2. Waspada dengan Order Rute Jauh

Jika driver ojol menerima orderan rute jauh, segeralah screenshoot akun penumpang lengkap dengan nomor kontaknya. Kamu bisa mengirimkan data pelanggan tersebut ke keluarga atau teman sesama driver ojol untuk berjaga-jaga. Nantinya, ketika terjadi hal yang tidak diinginkan, keluarga atau temanmu akan bisa melakukan pelacakan dan pemantauan, syukur-syukur bisa melakukan aksi penyelamatan.

3. Memastikan Identitas Pelanggan

Ketika melakukan penjemputan, kamu harus memastikan bahwa identitas akun sama dengan identitas penumpang. Jika jumlah penumpang lebih dari dua orang, jangan ragu untuk meminta foto ebrsama sebagai laporan. Kirimlah foto tersebut ke keluarga atau teman yang bisa siaga memantau aktivitasmu.

4. Gunakan Fasilitas Share Lokasi

Kamu harus selalu melaporkan lokasimu pada teman dan keluarga yang diminta untuk memantau pergerakanmu selama melayani orderan yang mencurigakan. Dengan begitu, mereka akan bisa memantau keselamatan perjalananmu, serta bisa segera memberikan pertolongan kapan pun dibutuhkan.

Demikianlah empat cara yang bisa kamu lakukan ketika menerima orderan yang mencurigakan, atau berbau fiktif. Kewaspadaan harus tetap dipegang teguh, dibarengi dengan saling pantau sesama keluarga dan rekan. Semoga dengan cara ini, kamu bisa terhindar dari bahaya kejahatan selama menjalankan tugas menjadi driver ojol.