Akhirnya musim hujan tiba setelah kemarau panjang melanda nusantara. Hujan disertai angin kencang dan kilat terjadi kemarin di Ibu Kota dan beberapa daerah. Pemotor terpaksa berteduh di pinggir jalan, terowongan atau di bawah JPO. Dari beberapa gambar yang dibagikan di sosial media, tampak beberapa kendaraan terendam air hingga 50 centimeter. Kemacetan pun tak terelakkan. 

Memasuki musim hujan ini, seyogyanya masyarakat waspada, apalagi saat beraktivitas di luar ruangan. Terutama para driver ojek online yang sehari-hari mencari nafkah di jalanan.

Bermalas diri atau terus-terusan istirahat saat hujan bukan pilihan untuk ojol. Apalagi musim hujan akan terjadi cukup lama hingga puncaknya Februari dan Maret mendatang. Agar dapur tetap ngebul, pilihannya tetap menerima pesanan. Tentu dengan segala persiapan, mulai dari pelengkap keselamatan hingga kebutuhan berkendara saat mengangkut penumpang. 

Berikut beberapa tips handal yang bisa dilakukan para ojol menghadapi musim penghujan, agar pemasukan tidak berkurang. 

Sedia Jas Hujan

Siapkan Jas hujan untuk anda dan penumpang, agar tubuh dan barang-barang berharga tetap kering. Gunakan jas hujan model jaket dan celana. Hindari penggunaan jas hujan model ponco atau jubah, karena rentan tersangkut pada rantai atau pun roda motor.

Pastikan Costumer Menunggu

Pastikan customer bersedia meunggu anda. Beri tahu posisi anda dan estimasi menuju ke titik penjemputan. Karena biasanya, saat hujan banyak driver mematikan aplikasi. Hal itu menyebabkan orderan yang diterima memiliki jarak tempuh yang lumayan jauh. Jika sudah dipastikan penumpang mau menunggu, baru meluncur untuk pick up.

Sedia Plastik 

Selalu sediakan plastik berbagai ukuran di jok motor. Fungsinya untuk melindungi barang-barang berharga seperti dompet, HP, dll. Selain itu juga untuk mengamankan pesanan food atau barang customer. 

Kondisi Fisik Sehat

Tak kalah penting, badan anda harus dalam kondisi kuat dan sehat saat berkendara. Udara dingin, rintik hujan, dan angin kencang, cenderung membuat tubuh rentan terkena penyakit. Di antaranya seperti flu, sakit kepala, gangguan pencernaan, hingga demam. Jangan dipaksakan narik jika badan terasa tidak sehat. Atur pola tidur dan makanan yang dapat menghangatkan tubuh. 

Kendaraan Siap Tempur

Agar motor tetap nyaman dan aman digunakan di musim penghujan, lakukan beberapa hal sederhana ini secara rutin. Cek kondisi filter udara, jika basah keringkan. JIka ada air yang tertinggal dalam knalpot, lakukan engkol mesin dengan kontak off. Bersihkan kanvas rem setelah menerjang banjir, dan pastikan angin ban dalam tekanan standar/normal.