Era digital memungkinkan kamu mendapatkan penghasilan yang halal dengan jalan bebas ribet. Salah satu alternatif profesi yang bisa dipilih adalah menjadi pengemudi ojek online (ojol). Selain tidak membutuhkan persyaratan yang muluk-muluk, profesi ini memungkinkan kamu mendapatkan penghasilan harian dengan nominal yang lumayan.

Meski begitu, ada sejumlah hal yang mesti kamu perhatikan ketika ingin menggeluti profesi sebagai driver ojol. Di antara hal yang mesti dipersiapkan yakni:

1. Kendaraan

Kebanyakan perusahaan jasa ojol tidak menyediakan kendaraan untuk para driver. Jadi, kamu harus menyiapkan modal kendaraan pribadi ketika ingin mendaftar sebagai driver ojol. Pastikan kendaraanmu dalam kondisi yang prima dari segi fungsi dan kinerja, serta dilengkapi surat-surat yang legal dan sah. Kamu juga tentu saja harus memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) untuk jaminan keamanan.

2. Smartphone

Berbeda dengan jasa ojek pangkalan, kamu tidak bisa mengambil penumpang sembarangan. Segala kegiatan kerja, dari mulai mendapatkan pelanggan, menetapkan tarif hingga kegiatan lainnya harus menggunakan aplikasi khusus yang terpasang di smartphone. Makanya, memiliki smartphone yang didalamnya terdapat aplikasi ojol merupakan satu lagi syarat wajib ketika kamu ingin daftar sebagai driver ojol. 

3. Kesediaan Memberikan Layanan

Hal lain yang tidak kalah penting ketika ingin menggeluti profesi sebagai driver ojol adalah kesediaan memberikan layanan yang prima dan maksimal. Layanan yang dimaksud meliputi penyediaan helm, masker, penutup kepala dan jas hujan, diiringi dengan sikap yang ramah dan menyenangkan. Kamu juga bisa dianggap lebih berkualitas ketika hapal jalan sehingga mampu melakukan pengantaran tanpa harus kesasar.

Pemberian layanan yang maksimal kepada pelanggan dengan sepenuh hati tak akan membuatmu rugi. Justru kamu akan dapat untung karena bisa dapat feedback yang positif, sehingga kamu berpeluang dapat bonus serta predikat baik dari perusahaan.

Ketika kamu sudah merasa siap dengan tiga poin di atas, yuk jangan ragu untuk segera mendaftarkan diri sebagai driver ojol. Percaya dirilah! Karena menjadi driver ojol merupakan profesi yang lumayan berkelas, karena kamu punya andil besar dalam agenda pengantaran pelanggan secara eksklusif. Jangan lupa tetap menjaga stamina dan kesehatan, sehingga proses kerja sebagai driver ojol bisa berlangsung lancar dan konsisten.