Malam merupakan waktu istirahat yang paling ideal. Terutama ketika kondisinya sudah larut, jalanan sudah sepi karena kebayakan orang sudah menghentikan aktivitasnya dan berlindung di rumah masing-masing. Tapi dalam situasi tertentu, mungkin kamu masih harus berada di luar rumah, serta butuh jasa ojek online (ojol) agar bisa pulang ke rumah dengan selamat.  

Meski begitu, kamu harus tetap menjaga kewaspadaan, sebab peluang menjadi korban kriminalitas di malam hari selalu terbuka lebar. Meski identitas para driver ojol sudah terseleksi baik, kita tetap harus selalu berjaga, agar tidak membuka peluang setiap orang untuk melaksanakan ide jahat. Berikut ini kami sajikan tips aman naik ojol larut malam sehingga menutup rapat potensi bahaya:

1. Memastikan Identitas Driver Ojol

Ketika melakukan pemesanan, kamu akan dapat informasi umum driver, seperti nama, foto, plat nomor hingga nomor telepon. Ketika terjadi penjemputan, pastikanlah untuk mencocokkan identitas sang driver. Jika kamu merasa ragu karena terdapat perbedaan identitas dibarengi gelagat yang mencurigakan, jangan ragu untuk membatalkan pesanan lalu segera mencari driver lain.

2. Perhatikan Lokasi Penjemputan

Kamu harus tetap berada di tempat yang ramai dan terang ketika sedang menunggu jemputan. Kamu bisa menunggu di depan minimarket, kantor polisi, atau tempat ramai lainnya sehingga bisa mudah minta tolong ketika terjadi hal-hal yang mengancam keselamatan diri.

Jangan lupa untuk screen shoot plat nomor kendaraan, no kontak driver dan fotonya, lalu kirimkan ke teman atau keluarga yang sudi memantau pergerakanmu. Pastikan bahwa kamu selalu terpantau dan bisa minta tolong sewaktu-waktu.

3. Gunakan Pakaian Tertutup

Ini mungkin terkesan sepele, tapi ketika kamu menggunakan pakaian tertutup, peluang kejahatan bisa diminimalisasi. Terutama jika kamu seorang perempuan, pakailah jaket dan celana panjang yang longgar ketika harus pulang larut malam.

Hal ini akan membuat kamu tidak terlalu menarik perhatian. Simpan pula aksesoris yang mencolok seperti perhiasan dan alat elektronik lainnya di dalam tas. jangan sering mengeluarkan dompet, agar kamu tidak perlu mengundang orang untuk mencopet apalagi melakukan perampasan.

Demikianlah tips mudah agar kamu bisa tetap sehat dan selamat ketika menggunakan jasa ojol pada larut malam. Semoga artikel ini bermanfaat!