Tidak boleh lagi ada pernyataan “sulit mencari uang” sebab kita tengah berada di era digital. Di era ini, peluang pekerjaan dan bisnis terbuka lebar sehingga kamu bisa segera mendapatkan penghasilan. Salah satu profesi yang terbuka dimasuki semua orang adalah menjadi driver ojek online (ojol). Profesi ini bahkan cukup bergengsi bahkan membuat jasa ojek “naik kelas”.

Namun dalam praktiknya, penghasilan driver ojol sangat fluktuatif, makanya perlu dilakukan pengontrolan dan manajemen keuangan yang cerdas. Tujuannya agar bisa mendapatkan penghasilan yang stabil dan konsisten. Lantas apa saja strategi yang mesti dilakukan agar bisa mengelola keuangan secara cerdas ketika menjadi driver ojol? Mari simak langkah-langkahnya berikut ini:

1. Menghitung Pengeluaran Bulanan

Tidak seperti karyawan pada umumnya, pendapatan driver ojol bisa terpantau harian, bahkan penghasilan itu juga bisa dipakai dan dihabiskan per hari. Nah, ketika kamu sedang mendapatkan penghasilan yang besar di hari tertentu, janganlah langsung ditarik dan dihabiskan semuanya. Kamu tetap harus disiplin menyisihkannya untuk kebutuhan bulanan atau dana darurat lainnya.

Untuk mengetahui berapa besaran uang uang harus kamu tabung per hari, kamu harus mengetahui besaran pengeluaran bulanan. Akan lebih baik lagi jika kamu mempunyai booklet untuk mencatat cash flow sehingga punya gambaran jelas tentang nominal pengeluaran bulanan.

2. Tidak Menghabiskan Uang Gaji Harian

Penghasilan driver ojol memang istimewa karena bisa mendapatkan penghasilan harian. Tapi berapa pun pengeluaranmu, jangan dibiasakan untuk menghabiskannya hari itu juga, lalu melakukan gambling untuk penghasilan di hari berikutnya.

Pakailah uang gaji seperlunya, karena kamu tidak pernah tahu, besok apakah bisa dapat penghasilan yang sama atau lebih dari hari ini atau tidak. Kamu juga tidak pernah tahu apakah kondisi kesehatanmu memungkinkan untuk “kejar setoran” di hari berikutnya secara maksimal atau tidak.

3. Mendaftar Asuransi

Ketika kamu memutuskan untuk menjadi driver ojol, kamu harus siap dengan segala risiko, termasuk kecelakaan yang bisa datang sewaktu-waktu. Karenanya, kamu harus selalu siaga membela keselamatan diri dengan mendaftarkan diri di perusahaan asuransi terpercaya. Dengan begitu, ketika ada kecelakaan tak terduga, kamu tidak akan keberatan dengan biaya pengobatan atau perbaikan kendaraan.

Demikianlah artikel tentang cara cerdas mengelola keuangan untuk driver ojol. Semoga artikel ini bermanfaat untukmu.