Meski sudah menjadi salah satu moda transportasi paling favorit bagi masyarakat metropolitan, ada saja sebagian orang yang masih takut menggunakan jasa ojek online (ojol). Alasannya beragam, dari mulai yang megaku gagap teknologi, hingga yang merasa tidak aman karena harus dibonceng secara eksklusif oleh driver yang tak dikenal. Di sisi lain, sejumlah pemberitaan mengenai tindak kriminal ketika menggunakan jasa ojol merebak, membuat ketakutan itu semakin besar.

Sikap waspada sangat dibutuhkan, tapi bukan berate kamu harus menolak mentah-mentah pemanfaatan jasa layanan digital yang sudah terbukti memberikan banyak kemudahan. Berikut ini sejumlah hal yang bisa kamu lakukan agar tetap aman ketika menggunakan jasa ojol:

1. Pastikan Driver Ojol Memberikan Helm Untukmu

Pelindung kepala berupa helm merupakan properti yang wajib dipakai ketika kamu ingin mengendarai sepeda motor. Jadi, ketika kamu memesan ojol, pastikanlah driver membawa dua helm, yakni untuk dipakai sendiri, dan untuk kamu pakai. Helm yang dipakai pun idealnya sudah memenuhi standar, misalnya terdapat tali pengait serta kaca penutup.

2. Jangan Segan Menegur Driver yang Ugal-Ugalan

Sebagai pelanggan, kamu berhak mengingatkan driver ojol agar selalu taat peraturan lalu lintas serta menjaga batas kecepatan. Ini penting demi keselamatan sepanjang perjalanan. Tapi ingat, cara menegurnya harus sopan sehingga driver bisa menerimanya dengan baik. Kamu juga berhak  menilai kualitas perjalanan via aplikasi sebagai bentuk apresiasi maupun teguran bagi pengemudi ojol.

3. Menggunakan Pakaian Tertutup

Kamu disarankan menggunakan jaket dan celama panjang ketika dibonceng oleh ojol. Celana mencegah tubuh bagian bawah tersingkap oleh angin, sementara jaket akan membuatmu terlindung dari masuk angin. Terutama untuk wanita, cara ini juga efektif mencegah tindak kriminal karena kamu tidak akan terlalu menarik perhatian ketika menggunakan pakaian tertutup.

Satu hal yang tak kalah penting, jangan lupa untuk selalu memakai sepatu. Benda ini bisa melindungi kakimu dari benturan dan goresan yang mungkin saja terjadi ketika kamu sedang dibonceng ojol.

Demikianlah tiga hal yang bisa kamu lakukan agar senantiasa terjaga keamanannya ketika menggunakan jasa ojol. Baik pengguna aplikasi tingkat pemula ataupun yang sudah biasa pakai jasa ojol, menjaga diri tetap waspada sangat dibutuhkan sehingga kita bisa selalu aman dan lancar sepanjang bertransaksi dengan jasa ojol.