HIMBAUAN social distancing pemerintah membuat transaksi belanja daring meningkat drastis. Ketua Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) Zaldy Ilham Masita, mengatakan kenaikan ini harus direspon perusahaan logistik dan jasa pengiriman dengan memprioritaskan keamanan serta kebersihan yang benar-benar ketat, guna mencegah penyebaran Covid-19.

“Ada kenaikan 80% untuk belanja daring kategori bahan makanan, sayuran, buah-buahan, alat kesehatan dan bahan kimia selama 2 pekan terkahir. Perusahaan wajib mengutamakan keamanan dan kebersihan sistem distribusi sejak penyortiran sampai pengiriman barang,” ujar Zaldy di Jakarta, Kamis (19/3). 

Tuntutan tersebut sejalan dengan penemuan terbaru bahwa virus korona (Covid-19) dapat menyebar melalui permukaan barang hingga berhari-hari lamanya. 

Covid-19 Menempel di Barang

Para peneliti dari National Institutes of Health, Centers for Disease Control and Prevention, UCLA dan Princeton University terlibat dalam studi ini. 

Mereka meneliti berapa lama COVID-19 bertahan di udara serta pada permukaan tembaga, kardus, plastik, dan stainless steel, kemudian membandingkannya dengan SARS, virus yang muncul akhir 2002 dan menewaskan hampir 800 orang. 

Hasilnya, COVID-19 terdeteksi dalam aerosol hingga tiga jam, sampai empat jam pada tembaga dan 24 jam pada kardus. Para ilmuwan menyimpulkan, virus corona juga dapat bertahan hingga tiga hari pada permukaan plastik dan stainless steel.

Seperti diketahui, plastik dan kardus merupakan bahan yang paling melekat digunakan pada perusahaan logistik atau jasa pengiriman. Oleh karena itu, penting perusahaan memiliki protokol atau prosedur baru untuk menjamin barang tetap steril dari virus sejak penyotiran hingga pengiriman barang. 

Protokol ini juga berlaku untuk mitra pengantaran seperti Gojek dan Grab Indonesia. Karyawan dan mitra seminimal mungkin wajib memakai masker, sarung tangan, dan sering mencuci tangan. 

Kurir Paling Utama 

Vice President Public Relations Blibli.com Yolanda Nainggolan menyatakan, pihaknya memastikan barang kiriman, khususnya produk makanan dan minuman, terjamin kualitas kebersihannya. Langkah yang dilakukan antara lain proses sterilisasi serta mengurangi kontak antara kurir dan konsumen. 

Mitra logistik juga dituntut menerapkan standar prosedur pengiriman tanpa kontak. Tanda tangan di telepon seluler yang jadi prasyarat serah terima produk dari kurir ke pelanggan untuk sementara tidak dilakukan, digantikan dengan pengambilan foto saat menerima barang. 

Sebagai langkah perlindungan, Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi menyatakan, ada pilihan pemesanan tanpa kontak. Pengamtar akan meletakkan pesanan di posisi yang ditentukan dan berdiri 2 meter sampai pelanggan mengambilnya. 

Pelanggan juga disarankan melakukan transaksi melalui non tunai.

Selain itu, Grab juga mengimplementasikan langkah pencegahan tambahan di seluruh gerai GrabKitchen di Jakarta, Bandung, Bali, Surabaya, Medan. Yakni seluruh staf GrabKitchen termasuk staf mitra merchant akan dicek suhu tubuhnya setiap hari sebelum mulai bekerja.

Seluruh mitra pengantaran akan dicek suhu tubuhnya sebelum mengambil pesanan pelanggan. Dan seluruh mitra merchant akan memastikan bahwa semua pesanan makanan telah dibungkus dengan benar sebelum diserahkan kepada mitra pengantaran dengan kontak seminimum mungkin.