Bencana banjir yang melanda beberapa wilayah di Jabodetabek menjadi duka  masyarakat Indonesia. Tiap individu, lembaga keagamaan, maupun kemasyarakatan, bergerak untuk membantu meringankan beban warga terdampak banjir. Begitu juga yang dilakukan aplikasi ojek online (ojol) Grab dan OVO. Sebagai bentuk nyata kepedulian sosial perusahaan, Grab menjalin kerja sama dengan Pemprov DKI dalam penanggulangan bencana banjir dan pascabanjir di Jakarta.

Aplikasi Grab akan menyebarkan informasi terkait bencana banjir yang terjadi di wilayah DKI Jakarta, serta membuka donasi dari pengguna untuk membantu korban banjir. Grab juga tengah menginisiasi kerja sama dengan lembaga sosial untuk menyalurkan bantuan yang diberikan pelanggan Grab kepada para korban banjir.

“Grab sebagai bagian dari masyarakat Jakarta, terus berusaha melakukan berbagai cara yang bisa membantu meringankan beban warga terdampak bencana banjir. Melalui teknologi yang kami miliki, Grab akan  memberikan informasi yang cepat dan akurat bagi seluruh masyarakat, terkait titik-titik yang sedang terdampak banjir, maupun informasi terkait pemberian bantuan yang kerap dibutuhkan oleh masyarakat,” ungkap Managing Director Grab Indonesia, Neneng Goenadi, dalam keterangan tertulis, Jumat (3/1/2020).

Donasi dengan GrabRewards

Bagi pelanggan yang ingin berdonasi bisa dengan menggunakan GrabRewards. Poin yang terkumpul di GrabRewards dapat ditukar untuk berdonasi dengan nominal tertentu. 

Adapun nominal yang bisa didonasikan pengguna Grab sebesar Rp 10.000 dengan menukarkan GrabRewards sebanyak 500 poin, dan Rp 5.000 dengan menukar 250 poin. Pengguna dapat berdonasi lebih dari satu kali.

Cara berdonasi dengan GrabRewards cukup mudah. Masuk ke menu GrabRewards di aplikasi Grab, kemudian pilih Other atau Lainnya. Setelah memilih salah satu nominal donasi yang diinginkan kalian pun telah ikut serta meringankan korban banjir.

Selain GrabRewards, pengguna OVO juga dapat berdonasi dengan mengakses home banner di aplikasi OVO. Ada berbagai pilihan voucher donasi. Dari mulai nominal 10.000 hingga 500.000. Pilihan voucher dapat dilihat di halaman “deal” aplikasi OVO. 

Total donasi yang terkumpul nantinya akan disalurkan melalui Palang Merah Indonesia, Rumah Zakat, Aksi Cepat Tanggap, dan Baznas untuk membantu korban banjir, serta sarana dan prasarana yang terdampak. 

Grab berharap seluruh warga yang terdampak segera mendapatkan bantuan dan terus waspada serta berhati-hati mengingat curah hujan yang diperkirakan masih tinggi dalam beberapa waktu ke depan.

“Grab Indonesia tetap melayani pelanggan dengan keselamatan para mitra pengemudi dan pelanggan sebagai prioritas kami. Kami juga mengimbau kepada mitra pengemudi dan pelanggan kami, untuk senantiasa mengutamakan keselamatan diri di manapun berada, termasuk saat berkendara,” tutup Neneng.

Seperti keterangan yang didapat daripinggirjalan.com, dalam penanggulangan banjir, teknologi Grab akan dimanfaatkan untuk:

  • Penyebaran informasi terkait bencana banjir yang terjadi di wilayah DKI Jakarta sesuai dengan mekanisme teknis penyebaran informasi di aplikasi Grab.
  • Penyebaran informasi terkait pemberian bantuan dan logistik terhadap korban banjir di wilayah DKI Jakarta sesuai dengan mekanisme teknis penyebaran informasi di aplikasi Grab.
  • Grab juga tengah menginisiasi kerja sama dengan lembaga sosial untuk menyalurkan bantuan yang diberikan pelanggan Grab kepada para korban banjir.