Para driver ojek online (ojol) pastinya selalu ingin mendapatkan feedback alias penilaian positif dari konsumen. Hal ini bisa ditandai dari pemberian bintang lima dan komentar yang baik dari pelanggan setelah menggunakan jasa Ojol. Penilaian baik dari pelanggan bukan hanya akan meningkatkan performa driver di hadapan perusahaan, tapi juga berpeluang mendapatkan bonus.

Seperti diketahui, perusahaan jasa ojol mempersilakan pelanggan untuk memberikan penilaian setelah mendapatkan layanan dari driver ojol. Tujuannya agar kualitas pelayanan senantiasa terjaga, sekaligus memonitor kinerja para driver agar selalu memberikan pelayanan yang maksimal.

Jika kamu seorang driver ojol, seharusnya tidak perlu takut dengan sistem penilaian ini. Sebaliknya, kamu harus yakin dan percaya diri bisa memberikan pelayanan terbaik untuk konsumen, sehingga tercatat memiliki performa yang baik. Tak hanya berbekal rasa percaya diri, berikut ini sejumlah strategi yang bisa dilakukan agar selalu dapat bintang lima dari konsumen:

1. Pelayanan Maksimal

Buatlah pelanggan merasa terlayani dengan baik, serta keamanannya terjaga selama dibonceng. Sediakanlah helm sesuai standar, serta masker dan penutup kepala. Jika hari hujan, kamu ahrus siap siaga menyediakan jas hujan sehingga pelanggan tidak kebasahan. Perhatikan pula caramu mengemudi dan pastikan pelanggan merasa aman dan nyaman. Perhatikan kecepatan, jangan sampai terlalu ngebut, atau terlalu lambat.

2. Beramah Tamah

Bangunlah komunikasi yang baik dengan pelanggan. Sapaan hangat dan obrolan basa basi sekedarnya sangat baik untuk selalu menjaga mood baik pelanggan. Tapi ingat, kamu tetap harus menghormati privasi pelanggan, jangan sampai membuatnya tidak nyaman dengan pertanyaan-pertanyaanmu.

3. Hapal Jalan

Usahakan agar kamu hapal jalan sehingga bisa mengantarkan pelanggan ke tempat tujuan tanpa perlu bertanya rutenya, atau repot-repot melihat peta. Kebanyakan pelanggan tidak mau ribet ditanya rute jalan, bahkan sebagian lagi justru tidak tahu rutenya. Jika harus melihat peta, pastikan kamu tidak tersesat dan membuat pelanggan kecewa.

4. Minta Diberi Bintang Lima

Jika kamu sudah merasa memberikan pelayanan yang maksimal, jangan ragu untuk meminta penilaian bintang lima. Ini juga bisa efektif mengingatkan pelanggan yang mungkin saja lupa untuk memberi penilaian sebagaimana yang kamu harapkan. Ketika pelanggan puas dan merasa terlayani dengan baik, pasti mereka tidak akan keberatan untuk memberikan feedback positif untukmu.

Demikianlah empat langkah yang bisa kamu lakukan agar bisa konsisten dapat bintang lima dari pelanggan. Yuk dipraktikkan!