Dewasa ini profesi ojek online tidak hanya sebagai profesi penuh waktu, banyak juga dari kalangan mahasiswa yang mengisi waktu luangnya dengan menjadi ojek online. Tetapi banyak juga driver baru yang tidak tahu bagaimana menjadi driver yang baik. Berikut 7 tips menjadi ojek online bagi pemula.

Gunakan Smartphone Spesifikasi Menengah ke Atas

Tanpa menjustifikasi ponsel spesifikasi rendah, tetapi smartphone yang memiliki spesifikasi tinggi cenderung lebih mudah menerima orderan. Ini karena ponsel dengan spesifikasi yang baik tidak mudah panas dan tidak mudah lemot. Dan umum pula diketahui bahwa ponsel pintar adalah salah satu ‘bahan bakar’ ojol agar dapat menerima orderan.

Mangkal di Wilayah yang Potensial

Meskipun menerima orderan secara online, usahakan agar mangkal di wilayah yang potensial. Misalnya komplek perumahan dan perkantoran. Di kedua wilayah tersebut, ada banyak orang yang membutuhkan ojol untuk bepergian. Anda juga bisa mangkal di dekat pusat perbelanjaan untuk memperluas jangkauan order Anda.

Jangan Lupa untuk Up-date Aplikasi

Karena orderan yang akan diterima oleh ojek online melalui aplikasi, jangan lupa untuk selalu mengupdatenya. Terutama jika ponsel pintar yang Anda miliki telah mengingatkan untuk memperbaiki sistem. Ini untuk mencegah lemot pada aplikasi yang bisa berujung berkurangnya orderan.

Hapalkan Rute

Jangan percaya pada Google Maps 100%. Karena menurut beberapa pengalaman, orang yang bergantung pada pedoman Google Maps memiliki potensi tersesat lebih besar. Memang tingkat lost Google Maps semakin berkurang, tetapi demi mencegah ketidakpuasan pelanggan, Anda harus menghafalkan rute secara baik dan benar.

Pindah Lokasi Mangkal

Lakukan langkah ini jika di daerah mangkal Anda telah banyak driver ojek online lain yang mangkal. Ini untuk mencegah terjadinya persaingan order yang justru akan membuat orderan Anda sunyi. Carilah daerah lain yang lebih potensial dengan driver yang masih sedikit.

Menjadi ojek online memang susah-susah gampang. Tetapi, jika mau berusaha, ojek online bisa memberi penghasilan yang lumayan. Itulah beberapa tips menjadi ojek online bagi pemula.