Awal tahun baru disambut dengan hujan deras di sejumlah wilayah di Jabodetabek. Intensitas hujan yang tinggi mulai hari Rabu hingga keesokan harinya menyebabkan banjir dan genangan di sejumlah wilayah, termasuk ruas-ruas jalan Ibu Kota. 

Jalan Rasuna Said Kuningan Jakarta terpaksa arus lalu lintas dilakukan contraflow akibat underpas Kuningan tak bisa dilewati karena terendam. 

Kawasan Cawang dan Cipinang yang juga  daerah langganan banjir pun tak luput dari bencana. 

Dibilangan Warung Buncit, Jakarta, air menggenangi rumah warga setinggi 50 centimeter dan bahkan satu meter. Di wilayah Rawajati, Jakarta Selatan, juga terendam banjir setinggi 1,5 meter.

Di Jalan Raya Daan Mogot Jakarta Barat, para pengendara roda dua tak bisa melintar, karena banjir setinggi 1 meter melebihi ketinggian motor. 

Warga yang rumah tinggalnya terkena banjir mau tak mau harus meninggalkan huniannya dan memilih mengungsi ke tempat yang lebih aman. Sementara itu, para petugas dari BNPB, SAR, Pemda, dan TNI tetap berupaya melakukan evakuasi serta memberikan bala bantuan dan pasokan logistik.

Di tengah-tengah bencana banjir seperti saat ini, rupanya tak sedikit driver ojek online yang masih bekerja. Meski harus melewati air yang tinggi, mereka dengan tulus melayani pelanggan. Ada yang nekat terjang banjir demi membawa penumpang ke alamat tujuan, ada pula yang ikhlas mengantarkan makanan di tengah hujan.

Berikut rangkuman daripinggirjalan.com beberapa momen driver ojol layani pelanggan saat banjir, yang diambil dari berbagai sumber. 

  1. Aksi terpuji abang ojol antar pesanan food dengan berjalan kaki, meski harus melintasi banjir setinggi pinggang orang dewasa.
  1. Ini bukan Go-ride lagi, tapi “Go-Tong”. Demi pelanggan selamat sampai tujuan, mitra driver satu ini rela lho gendong penumpangnya. 
  1. Tidak masalah motor terendam banjir, yang penting penunpang tidak kebasahan. Beginilah totalitas abang Grab ini antar penunpangnya. Motor alih fungsi jadi seperti perahu karet. 
  1. Tidak ada pilihan selain terus bergerak, meski air setinggi 1 meter. Resiko pasti ada, tapi abang ojol tetap memilih mencari rejeki. 
  1. Driver ini menenteng makanan pesanan CS. Hitung-hitung menolong warga yang tidak bisa keluar karena terjebak banjir.